Paus mati di Osaka akan ditenggelamkan di lepas pantai pekan ini

Paus mati di Osaka akan ditenggelamkan di lepas pantai pekan ini

korannews.com – Seekor paus sperma yang pekan lalu terlihat di dekat muara Sungai Yodo di Osaka telah dipastikan mati dan akan ditenggelamkan di lepas pantai Teluk Osaka, kata Wali Kota OsakaIchiro Matsui, Selasa (17/1).

Matsui mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap pembuangan paus itu, yang memerlukan pengosongan gas yang menumpuk dari bangkainya untuk mencegah ledakan sebelum dibuang dengan kapal, akan selesai dalam pekan ini.

Sempat ada pembicaraan tentang penguburan sementara bangkai paus itu di darat untuk direduksi menjadi spesimen kerangka paus bagi museum, tetapiMatsui mengatakan tidak ada permintaan untuk itu.

“Paus itu berasal dari laut, jadi kami ingin mengembalikannya ke sana setelah mati,” ujarnya.

Paus yang diperkirakan berukuran 15 meter, yang dijuluki “Yodo-chan” di media-media sosial, pertama kali terlihat pada pagi hari 9 Januari setelah tersesat ke muara sungai.

Paus itu menjadi semakin lemah dan pada Jumat (14/1) dipastikan telah mati oleh para ahli, menurut pemerintah Kota Osaka.

Teluk Osaka sebagian besar dikelilingi oleh Pulau Awaji, yang menyisakan dua jalur sempit di utara dan selatan. Jalur selatan mengarah ke Samudra Pasifik.

Sumber: Kyodo-OANA

Kawanan paus Bryde terlihat di perairan Guangxi, China

error: Content is protected !!