korannews.com – Istana Buckingham mengumumkan terkait waktu pemakaman Ratu Elizabeth II .

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan diadakan di Westminster Abbey pada pukul 10 pagi GMT (17.00 WIB) dan diharapkan akan dihadiri oleh pemimpin dunia.

Raja Charles III, putra mendiang Ratu Elizabeth II menyatakan bahwa hari pemakaman ibunya akan dijadikan sebagai hari libur bank di Inggris.

Saat warga Inggris masih berduka atas kepergian Ratu Elizabeth II , Charles III dinobatkan sebagai Raja oleh Dewan Aksesi di Istana St James pada hari Sabtu, 10 September 2022.

Sesi bersejarah yang menyatakan Charles III sebagai penguasa baru diikuti dengan pembacaan Proklamasi Utama dari balkon istana, diikuti oleh keriuhan dan penghormatan senjata di seluruh negeri.

Pangeran William, pewaris takhta, memberikan penghormatan yang mengharukan kepada neneknya, Ratu Elizabeth II pada hari Sabtu, 10 September 2022.

“Dia berjanji akan mendukung ayahnya yang kini naik tahta menjadi Raja Charles III, “dengan segala cara yang mungkin,” ujar Pangerang William, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Europe News.

Meskipun merasa kehilangan atas kepergian neneknya, Ratu Elizabeth II , namun Pangeran William merasa bersyukur untuk segala hal yang diberikan neneknya selama 40 tahun.

“Dia berada di sisi saya pada saat-saat paling bahagia saya. Dan dia berada di sisi saya selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidup saya,” kata William.

“Saya tahu hari ini akan datang, tetapi itu akan menjadi beberapa waktu sebelum realitas kehidupan tanpa Nenek akan benar-benar terasa nyata,” lanjut William.

Rencananya pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilangsungkan pada Senin, 19 September 2022 di London.

Pemimpin Britania Raya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin Inggris dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah monarki Inggris, yaitu selama 70 tahun.

Ratu Elizabeth II lahir di Mayfair, London pada 21 April 1926 dan tutup usia pada usia 96 tahun.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor alias Ratu Elizabeth II naik tahta pada tahun 1952 usai kepergian sang ayah, Raja George VI.***