Gempa Bumi M5,9 Guncang Turki

Gempa Bumi M5,9 Guncang Turki

korannews.com – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M)5,9 mengguncang wilayah Turki bagian barat laut pada Rabu (28/11) pagi waktu setempat. Tidak ada laporan kerusakan mau pun korban jiwa sejauh ini.

Seperti dilansir kantor berita Anadolu, Rabu (28/11/2022), Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki menuturkan gempa bumi itu berpusat di Distrik Goyaka, Provinsi Duzce. Gempa dilaporkan mengguncang pukul 04.08 waktu setempat.

Disebutkan bahwa gempa berpusat di daratan pada kedalaman 6,81 kilometer dari permukaan Bumi.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menuturkan belum ada laporan kerusakan pada bangunan mau pun korban jiwa akibat gempa tersebut sejauh ini.

Laporan terpisah Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) seperti dilansir Reuters menyebut gempa di Turki itu berkekuatan Magnitudo 6,0 dan berpusat di kedalaman dua kilometer.

Gempa di Turki ini mengguncang setelah gempa lainnya mengguncang Kepulauan Solomon dan Cianjur, Jawa Barat. Gempa berkekuatan Magnitudo 7,0 mengguncang Kepulauan Solomon pada Selasa (22/11) waktu setempat, hingga memicu peringatan tsunami, yang kemudian dicabut.

Menurut USGS, pusat gempa bumi di Solomon berada di lautan yang berjarak sekitar 56 kilometer sebelah barat daya ibu kota Honiara dan berada di kedalaman 13 kilometer dari permukaan laut. Tidak ada laporan kerusakan secara luas maupun korban jiwa akibat gempa itu.

Sementara gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, hingga menewaskan lebih dari 200 orang.