Cara Arab Saudi Merayakan Kemenangan Lawan Argentina

Cara Arab Saudi Merayakan Kemenangan Lawan Argentina

korannews.com – Arab Saudi mengumumkan hari Rabu (23/11/2022) akan menjadi hari libur nasional atas kemenangan timnas mereka lawan Argentina di Piala Dunia Qatar Selasa (22/11/2022).

Di Jeddah Corniche di tepi Laut Merah, di jantung ibu kota Riyadh dan di kota-kota dan desa-desa di seluruh negeri, kemenangan 2-1 Piala mereka atas Lionel Messi dan kawan-kawan dirayakan dengan khidmat.

Dilansir dari Guardian, kemenangan luar biasa tim sepak bola nasional dilihat sebagai kemenangan di lapangan dan momen besar di panggung olahraga global, di mana kekuatan regional telah lama mencari tempat dalam sorotan.

Orang luar melawan tim Argentina dengan kemenangan beruntun 36 pertandingan pasti menyampaikan hal itu.

Pada Selasa sore dan malam, para pemimpin Saudi dan para penggemar mengelilingi lapangan umum dengan konvoi mobil, mengibarkan bendera hijau negara dan memproklamirkan era baru sepak bola internasional.

Libur umum akan diberlakukan untuk semua pegawai negeri dan sektor swasta. Siswa pria dan wanita di semua tingkat pendidikan juga akan diliburkan.

“Kami sangat senang dengan hasilnya. Itu adalah pertandingan yang luar biasa,” kata Ghassan Alwan, 42 tahun, direktur pemasaran di kementerian perumahan Saudi.

“Keyakinan kami pada para pemain kami berada di tempat yang tepat. Kami menulis sejarah malam ini,” tambahnya.

“Luar biasa, masif, luar biasa, fantastis,” tambah Abdulrahman Abed, editor olahraga. “Selamat untuk semuanya. Ini sangat berarti bagi setiap orang Saudi. Ini akan memberikan dorongan besar bagi setiap tim Arab di Piala Dunia.”

Putra Mahkota Mohammed bin Salman digambarkan merangkul saudara-saudaranya setelah peluit penuh waktu, serta kafe olahraga dan taman umum di seluruh negeri.

Universitas diberi libur sore bagi siswa untuk menonton pertandingan.

Jalanan kota hampir ditinggalkan. Wanita bergabung dengan pria di banyak kafe dan restoran, sebuah fenomena baru di kerajaan gurun, merayakan kemenangan yang paling tidak mungkin.

“Kemenangan yang luar biasa untuk tim nasional Saudi,” kata Adel Al-Akeely, seorang dokter Riyadh. “Ada banyak hal yang telah berubah di negara kita, banyak pencapaian baru dan dorongan ambisius untuk menjadi yang terbaik yang kita bisa.”

Orang-orang Saudi telah lama tersinggung dengan anggapan bahwa kecintaan pada olahraga dan keinginan untuk menarik acara global sama dengan pencucian citra.

Banyak penggemar olahraga bersikeras bahwa mereka juga ingin mengalami kompetisi internasional dan memasukkan tim nasional mereka.

Menjelang pertandingan, Pangeran Mohammed mengatakan kepada tim nasional untuk tetap santai.

“Mainkan permainan Anda dan lakukan pekerjaan Anda,” ujarnya.