korannews.com – Sebuah helikopter Black Hawk yang dioperasikan Taliban, jatuh selama sesi pelatihan di Afghanistan . Tiga orang tewas dalam insiden itu.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (12/9/2022), Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan helikopter yang dikomandoi Taliban setelah penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan itu, jatuh di kampus universitas pertahanan negeri itu yang berada di Kabul, ibu kota Afghanistan pada Sabtu (10/9) waktu setempat.

Black Hawk jatuh karena “masalah teknis selama latihan”, kata Kementerian Pertahanan. Dua pilot dan satu awak pesawat tewas dalam insiden itu. Lima awak lainnya mengalami luka-luka.

Ketika keluar dari negara itu tahun lalu, militer AS meninggalkan pesawat, kendaraan, senjata, dan perangkat keras lainnya senilai miliaran dolar — banyak yang disebut tidak dapat dioperasikan.

Beberapa helikopter juga diterbangkan oleh mantan pasukan pemerintah Afghanistan ke negara-negara Asia Tengah sebelum Taliban mengambil kendali penuh atas negara itu.

Taliban telah berhasil memperbaiki beberapa pesawat, termasuk helikopter, yang sekarang diyakini diterbangkan oleh pilot-pilot dari bekas pasukan pemerintah Afghanistan .

Rezim Taliban memamerkan serangkaian peralatan selama parade militer pada 31 Agustus lalu, ketika mereka merayakan ulang tahun pertama kembalinya mereka ke kekuasaan.