Beritakan Kenaikan Harga, Wartawan Bangladesh Dijemput Polisi

Beritakan Kenaikan Harga, Wartawan Bangladesh Dijemput Polisi

korannews.com – Polisi Bangladesh pada hari Rabu (29/3/2023) mendakwa seorang reporter dari sebuah surat kabar terkemuka karena dianggap memproduksi berita palsu.

Hal ini memicu ketakutan tentang kebebasan media, setelah sebuah artikel yang ditulisnya tentang harga pangan yang tinggi menjadi viral.

Shamsuzzaman Shams dijemput dari rumahnya di kota industri Savar di luar Dhaka sekitar pukul 4 pagi oleh polisi berpakaian preman, menurut surat kabarnya, Prothom Alo.

Dilansir dari Guardian, kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan Undang-Undang Keamanan Digital di mana Shams didakwa telah banyak digunakan oleh pemerintah untuk memberangus jurnalis dan kritikus.

Artikel Prothom Alo diterbitkan pada hari Minggu (26/3/2023) dan menyertakan kutipan dari orang biasa yang berbicara tentang kehidupan mereka pada kesempatan hari kemerdekaan Bangladesh.

“Apa gunanya kebebasan ini jika kita tidak mampu membeli beras?” kata seorang buruh yang dikutipnya.

Biaya makanan telah melonjak di Bangladesh sejak pertengahan 2022 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Mata uangnya juga telah jatuh tajam terhadap dolar AS.

Menteri Dalam Negeri, Asaduzzaman Khan, membenarkan bahwa reporter itu diinterogasi oleh polisi karena cerita palsuyang diterbitkan pada akhir pekan.

“Sebuah kasus telah diajukan terhadapnya,” kata menteri tersebut, menambahkan bahwa Shams akan dibebaskan dari tahanan tetapi dapat ditangkap lagi atas tuduhan tersebut.

Wartawan itu didakwa mencoreng citra pemerintah dengan berita palsu dan mengajukan pertanyaan tentang pencapaian Bangladesh, di bawah Undang-Undang Keamanan Digital, menurut salinan berkas kasus yang diperoleh AFP.

Menurut thinktank lokal, hampir 3.000 orang telah didakwa berdasarkan Undang-Undang Keamanan Digital sejak diberlakukan pada 2018, termasuk sekitar 280 jurnalis.

Hal ini memicu kekhawatiran bahwa di bawah perdana menteri Sheikh Hasina, yang berkuasa sejak 2009, negara Asia Selatan berpenduduk 170 juta orang itu menjadi semakin otoriter.

Reporters Without Borders menempatkan Bangladesh di peringkat 162 dari 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia 2022. Itu berada di bawah Rusia (155) dan Afghanistan (156).

Dalam beberapa bulan terakhir, jumlah media dan jurnalis independen Bangladesh yang semakin berkurang semakin diserang oleh pemerintah dan partai berkuasa Hasina.

Pihak berwenang menutup satu-satunya juru bicara oposisi pada Februari, dengan mengatakan itu melanggar undang-undang pers negara itu.

Setidaknya 10 wartawan dipukuli oleh polisi saat meliput pemilihan pengacara Mahkamah Agung yang disengketakan di Dhaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!