AS Ngaku Tak Dorong Ukraina Serang Rusia Usai Rentetan Serangan Drone

AS Ngaku Tak Dorong Ukraina Serang Rusia Usai Rentetan Serangan Drone

AS Ngaku Tak Dorong Ukraina Serang Rusia Usai Rentetan Serangan Drone

korannews.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan tidak ‘mendorong’ Ukraina untuk menyerang hingga ke dalam wilayah Rusia . Penegasan itu disampaikan setelah rentetan serangan drone menghantam pangkalan udara Moskow yang secara luas diyakini didalangi oleh pasukan Kiev.

“Kami tidak mendorong ataupun memungkinkan Ukraina untuk menyerang ke dalam wilayah Rusia,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken kepada wartawan seperti dilansir AFP, Rabu (7/12/2022).

“Tapi yang penting adalah memahami apa yang dialami warga Ukraina setiap harinya dengan agresi Rusia yang terus berlangsung,” imbuhnya.

Blinken menuduh Rusia menjadikan musim dingin sebagai senjata dalam serangan-serangannya terhadap infrastruktur sipil di wilayah Ukraina.

Lebih lanjut, Blinken menegaskan kembali tekad AS memastikan Ukraina memiliki persenjataan dan peralatan yang tepat untuk mempertahankan diri dalam menghadapi invasi Rusia.

“Tekad kami untuk memastikan — bersama dengan banyak mitra lainnya di seluruh dunia — bahwa mereka memiliki peralatan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri mereka sendiri, untuk mempertahankan wilayah mereka, untuk mempertahankan kebebasan mereka,” tegas Blinken.

Para pakar meyakini Ukraina telah menembus wilayah udara Rusia dengan drone-drone sederhana era Uni Soviet dan bukan dengan bantuan militer senilai miliaran dolar AS yang dipasok negara-negara Barat sejak invasi Moskow pada 24 Februari lalu.

Rusia sebelumnya menyebut tiga tentaranya tewas dan dua pesawatnya rusak akibat serangan drone yang menghantam dua pangkalan udaranya pada Senin (5/12) waktu setempat. Serangan drone lainnya menghantam pangkalan udara ketiga Rusia pada Selasa (6/12) waktu setempat.

Saat ditanya soal serangan drone di pangkalan udara Rusia, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price enggan mengaitkannya dengan Ukraina. Otoritas Kiev tidak secara langsung dan terang-terangan mengklaim bertanggung jawab atas serangan drone itu, namun mereka merayakannya.

“Kami menyediakan apa yang dibutuhkan Ukraina untuk digunakan di wilayah kedaulatannya — tanah Ukraina — untuk menghadapi agresor Rusia,” tegas Price.

error: Content is protected !!