korannews.com – Menurut luas total areanya, Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan 17.098.250 kilometer persegi membentang di Eropa Timur dan Asia.

Namun, setiap negara sebenarnya memiliki dua ukuran luas yang berbeda.

Pertama luas daratan, yang merupakan luas seluruh daratan (dan hanya daratan) dalam suatu negara tertentu.

Kedua area total, kadang-kadang disebut sebagai luas negara, yang mencakup luas daratan suatu negara serta luas wilayah termasuk danau, waduk, sungai pedalaman, dan kadang-kadang pesisir dan teritorial perairan.

Menariknya, itu juga selalu berubah, sejarah telah mengajarkan bahwa batas-batas geopolitik berubah secara dramatis seiring dengan berlalunya abad.

Dalam dekade berikutnya, siapa yang mengatakan negara mana yang akan menjadi terbesar di dunia?

Berikut 10 negara terbesar di Dunia berdasarkan luas total wilayahnya:

1. Rusia: 17.098.242 kilometer persegi

Rusia adalah negara lintas benua yang membentang dari Asia hingga Eropa dengan luas 17,1 juta kilometer persegi, dan berbatasan dengan 16 negara.

Rusia memiliki 9 zona waktu yang berbeda. Meskipun menjadi negara terbesar di dunia, Rusia sangat jarang penduduknya dan hanya menampung sekitar 2 persen dari populasi dunia.

2. Kanada – 9.984.670 kilometer persegi

Kanada adalah negara terbesar di Benua Amerika . Kanada 9,984 juta kilometer persegi menjadikannya negara terbesar di belahan bumi barat dan di Amerika Utara.

Namun, hal yang menarik untuk dicatat adalah bahwa 9 persen dari permukaan negara ini diisi oleh danau. Negara ini menampung sekitar 50 persen danau alami dunia. Jika area perairan danau dibiarkan, Kanada akan lebih kecil dari AS berdasarkan ukuran daratan saja.

Kanada juga merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang 202.080 kilometer, dan berbatasan dengan tiga samudera: Atlantik, Arktik, dan Pasifik di timur, utara, dan barat, masing-masing.

Di selatan, negara ini berbatasan dengan Amerika Serikat sepanjang hampir 9.000 kilometer menjadikannya perbatasan darat terpanjang di dunia.

3. Amerika Serikat – 9.833.517 kilometer persegi

Amerika Serikat menempati urutan ketiga dalam daftar negara terbesar di dunia, dengan luas total 9,83 juta kilometer persegi.

“Negeri Paman Sam” berbagi perbatasan darat dengan hanya dua negara, Kanada di utara dan Meksiko di selatan. Dengan garis pantai sepanjang 19.924 km, negara ini menempati urutan ke-8 di dunia dalam hal panjang garis pantai.

4. China – 9.596.960 kilometer persegi

Dengan luas total 9,59 juta km persegi, China menempati peringkat sebagai negara terbesar keempat di dunia. Ini adalah negara terbesar di Asia dan berbatasan dengan 14 negara.

Secara keseluruhan penentuan ukuran yang tepat dari China adalah bahan perdebatan besar, karena negara ini mengklaim banyak wilayah menimbulkan sengketa perbatasan seperti Taiwan, Tibet Selatan, dan Laut China Selatan.

Namun, tidak seperti Rusia dan Kanada, China juga menempati peringkat tinggi dalam skala populasi. Faktanya, ini adalah negara terpadat di dunia dengan lebih dari 1,4 miliar orang.

5. Brasil – 8.515.770 kilometer persegi

Dengan 8.515.767, Brasil merupakan negara terbesar di Amerika Selatan berdasarkan ukuran dan menempati urutan kelima dalam daftar negara terbesar dunia.

“Negeri Samba”menempati 47,3 persen dari luas daratan benua Amerika Selatan, dengan garis pantai sepanjang 7.491 kilometer.

Brasil berbatasan dengan semua negara Amerika Selatan lainnya kecuali Chili dan Ekuador, dan memiliki empat zona waktu.

Brasil juga merupakan negara terpanjang di dunia yang terbentang sepanjang 4.395 kilometer dari utara ke selatan. Baik Khatulistiwa dan Tropic of Capricorn melintasi Brasil, satu-satunya negara di mana ini terjadi.

6. Australia – 7.741.220 Km

Australia dianggap sebagai negara sekaligus benua, dengan 7,74 juta kilometer persegi. Negara pulau Australia adalah negara terbesar keenam di dunia berdasarkan ukuran.

“Negeri Kanguru” adalah negara terbesar di Oseania sejauh ini, dan secara teknis sangat besar sehingga bahkan tidak memenuhi syarat sebagai pulau tetapi sebagai daratan kontinental.

Sebagian besar penduduknya tinggal di kota pesisir seperti Sydney di timur dan Perth di barat. Alasannya karena pedalaman Australia adalah salah satu daerah terkering dan terpanas di dunia.

7. India – 3.287.263 kilometer persegi

India adalah negara Asia Selatan dengan luas 3,28 juta kilometer persegi, menempatkannya sebagai negara terbesar ketujuh di dunia.

Negara ini memiliki perbatasan darat sepanjang 15.000 kilometer dan garis pantai sepanjang 7.516,6 kilometer, dan memiliki perbatasan darat dengan tujuh negara.

Meskipun ketujuh dalam daftar ini, India menempati urutan kedua dalam daftar negara terpadat di dunia dengan populasi lebih dari 1,3 miliar. Diperkirakan India akan melampaui China sebagai negara terpadat di dunia pada 2027.

8. Argentina – 2.780.400 kilometer persegi

Argentina dari Amerika Selatan, negara terpadat ke-32 di dunia, adalah negara terbesar kedelapan di dunia.

Negara ini juga merupakan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia berdasarkan wilayah, dan berbatasan dengan lima negara lain.

9. Kazakhstan – 2.724.900 kilometer persegi

Negara lintas benua Kazakhstan meliputi area seluas 2,72 juta kilometer persegi di Asia Tengah dan Eropa Timur.

Dahulu bagian dari Uni Soviet, Kazakhstan saat ini adalah negara terkurung daratan terbesar di dunia. Kazakhstan setara dalam ukuran ke Eropa Barat dan berbatasan dengan lima negara.

10. Aljazair – 2.381.741 kilometer persegi

Satu-satunya negara Afrika dalam daftar negara terbesar di dunia ini, Aljazair menempati urutan nomor 10 dengan luas 2,38 kilometer persegi di wilayah Maghreb Afrika Utara.

Berbatasan dengan enam negara dan wilayah Sahara Barat yang disengketakan. Bagian selatan negara itu sebagian besar ditempati oleh Gurun Sahara.

Data di atas berasal dari CIA World Factbook dan mengurutkan negara berdasarkan total luas wilayah, yang merupakan jumlah dari semua wilayah daratan dan perairan yang dibatasi oleh batas-batas internasional dan/atau garis pantai.

Namun, harus diingat bahwa peringkat negara terbesar di dunia berubah ketika negara-negara diurutkan berdasarkan luas daratan saja.

Misalnya, Kanada memiliki jumlah danau tertinggi di dunia dan ketika wilayah negara yang ditempati oleh badan air dikurangi dari total luasnya, ia menempati peringkat sebagai negara terbesar keempat, sementara peringkat China dan Amerika Serikat di atasnya.

Negara-negara terbesar di dunia belum tentu negara-negara terpadat di dunia juga.

Contohnya di di negara-negara seperti Rusia dan Kanada, meskipun mereka memiliki daratan yang lebih besar, iklim dan medan yang ekstrem membatasi tempat tinggal manusia di sebagian besar wilayah mereka.

Tiga negara terpadat di dunia, China, India, dan AS menempati urutan keempat, ketiga, dan ketujuh dalam daftar di atas.