korannews.com – Kopi, salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di dunia, bisa disajikan panas maupun dingin. Namun, benarkah kopi panas lebih sehat dibanding kopi dingin?

Mengutip Times of India, kopi mengandung polifenol, mineral dan antioksidan yang membuatnya sehat untuk diminum.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Thomas Jefferson, kopi yang diseduh panas memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan variannya yang lebih dingin. Rekan penulis penelitian, Megan Fuller mengatakan, “Kami menemukan bahwa minuman panas memiliki kadar antioksidan yang lebih banyak.”

Lalu, mana yang lebih sehat, kopi dingin atau kopi panas?

Perlu dicatat bahwa es kopi tidak sama dengan kopi dingin. Es kopi sebenarnya dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan air panas, kemudian ditambahkan es batu.

Sementara kopi dingin adalah cold brew, yakni teknik menyeduh bubuk kopi kasar dengan air suhu ruangan. Durasi penyeduhan kopi biasanya 12 sampai 24 jam.

Para peneliti menemukan bahwa metode kopi yang diseduh panas mengandung lebih banyak sifat asam, yang membuatnya lebih kaya kandungan antioksidan. Sehingga, kesimpulannya, kopi dingin tidak lebih baik dari kopi panas, atau sebaliknya.

Tapi bagi mereka yang sedang berjuang melawan insomnia, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi dingin. Sebab, kopi dingin memiliki konsentrasi kafein yang lebih tinggi.