korannews.com – Kehilangan nafsu makan kerap dialami oleh orang yang sedang sakit .

Namun, kehilangan nafsu makan tak melulu karena sakit . Ini bisa dipicu oleh beberapa penyebab , seperti efek samping obat-obatan, stres yang berlebihan, hingga kondisi medis tertentu.

Kehilangan nafsu makan juga dapat ditimbulkan oleh berbagai penyebab , di antaranya adanya infeksi bakteri atau virus seperti pilek dan flu, infeksi pernapasan, gangguan pencernaan, hingga asam lambung.

Kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, pasalnya nafsu makan akan kembali muncul saat gejala penyakit tersebut sudah pulih atau menghilang.

Kemudian, disebabkan oleh pengaruh obat-obatan seperti obat tidur, obat kemoterapi, morfin, hingga beberapa jenis antibiotik. Stres juga dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan , apabila dibiarkan terus-menerus akan berakhir dengan penurunan berat badan.

Selain itu, penyakit seperti gangguan rongga mulut, alergi, keracunan makanan, kekurangan atau kelebihan nutrisi, HIV, demensia, gagal ginjal kronis, kanker, serta berbagai penyakit kronis tertentu menjadi penyebab kehilangan nafsu makan .

Tak hanya itu, faktor usia juga menjadi penyebab kehilangan nafsu makan . Dikarenakan, pada orang lanjut usia terdapat perubahan fungsi kerja tubuh yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan, hormon, hingga indera perasa.

Lalu bagaimana cara mengatasi nafsu makan yang menurun?

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari SehatQ. Berikut beberapa cara mengatasi nafsu makan yang menurun, di antaranya:

1. Menciptakan suasana makan yang menyenangkanSuasana makan yang menyenangkan bisa Anda ciptakan dengan makan bersama teman atau keluarga, dan memasak atau makan makanan favorit di restoran.

2. Makan dengan porsi kecil namun seringAgar nafsu makan Anda kembali meningkat, Anda bisa mempertimbangkan makan satu kali sehari dengan diselingi camilan ringan. Atau bisa makan dalam porsi kecil namun dilakukan dengan sering.

Namun, lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar tidak mengalami kekurangan nutrisi yang justru berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Mengelola stresMengonsumsi obat antidepresan mungkin dapat membantu mengembalikan nafsu makan Anda, namun harus dipastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, mengonsumsi obat-obat secara berlebih dan tanpa resep dokter dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

4. Mengatasi infeksiJika penyebab kehilangan nafsu makan adalah infeksi bakteri atau virus, biasanya nafsu makan akan kembali muncul setelah infeksi tersebut hilang dan akan reda oleh obat antibiotik.

5. Menghentikan atau mengganti obat-obatan sesuai resep dokterJika kehilangan nafsu makan karena konsumsi obat-obatan, dokter mungkin akan mengubah dosis atau obat yang diresepkan kepada Anda, dan jangan malas untuk berkonsultasi dengan dokter. (Tazkia Falah Rahmani)***