Ini 8 Jenis Sayuran yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ini 8 Jenis Sayuran yang Aman untuk Penderita Asam Urat

korannews.com – Menjaga pola makan merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat, termasuk dalam konsumsi sayuran. Hal ini dilakukan agar kadar asam urat tetap normal.

Sayuran untuk penderita asam urat harus rendah purin dan tinggi serat agar tidak menimbulkan gejala mengganggu seperti nyeri sendi.

Asam urat merupakan suatu kondisi yang berasal dari senyawa purin yang dihasilkan langsung oleh hati (liver) ataupun makanan yang dikonsumsi. Kadar asam urat normal apabila tidak melewati 200 mg/dL. Jika kadar tersebut berlebih, asam urat bisa membentuk kristal di jaringan persendian dan ginjal.

Dilansir dari SehatQ, Sabtu (14/1/2023), berikut sayur yang aman bagi penderita asam urat.

1. Kentang

Kentang termasuk jenis sayuran untuk penderita asam urat karena kadar purin di dalamnya sangat rendah. Belum lagi, kentang tidak mengandung lemak, sodium, atau kolesterol jika diolah dengan benar.

Jika dibandingkan dengan pisang, kandungan potasium (kalium) dalam kentang jauh lebih tinggi. Selain itu, kandungan serat dalam kentang juga cukup signifikan sehingga baik untuk pencernaan sekaligus bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Tomat

Tomat juga bisa jadi pilihan sayuran yang baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Kandungan antioksidan likopen di dalamnya membantu menurunkan risiko serangan jantung dan kanker.

Tak hanya itu, tomat juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, potassium, dan folat.

3. Wortel

Sayuran ini juga memiliki kadar purin yang cukup rendah dan kandungan serat tinggi. Sehingga wortel termasuk sayur untuk asam urat yang aman.

Adapun serat makanan bisa mendukung pencernaan yang sehat dan memperlambat penyerapan nutrisi. Manfaat ini bisa menguntungkan bagi orang yang ingin menjaga kadar asam urat dalam darah tetap rendah.

4. Brokoli

Tak hanya termasuk ke dalam sayuran rendah purin, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C ini dapat membantu mengatasi serangan gout dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, kandungan antioksidan berfungsi melawan peradangan dalam tubuh dan membantu mengatasi berbagai penyakit kronis, termasuk gout atau asam urat.

5. Terong

Sayuran lain dengan kandungan purin yang rendah adalah terong. Terong juga bersifat alkaline, sifat yang berlawanan dengan acidic alias asam. Artinya, mengonsumsi sayuran seperti terong dapat membantu menetralisir kadar asam urat dalam darah.

Terong juga merupakan sayuran kaya antioksidan yang dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Jamur

Jamur memiliki kandungan purin yang terbilang aman sehingga tidak meningkatkan produksi asam urat sebanyak makanan lainnya. Meski begitu, beberapa sumber menyatakan bahwa konsumsi jamur perlu dibatasi bagi penderita asam urat.

Sebenarnya, hal ini kembali pada toleransi tubuh masing-masing. Ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

7. Paprika Merah

Sayuran untuk penderita asam urat yang juga aman dikonsumsi adalah paprika merah. Jenis sayuran memiliki kandungan rendah purin dan tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin E, dan beta karoten.

Kandungan antioksidan tinggi memang menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat. Antioksidan mampu melawan radikal bebas yang merusak sel dan membantu mengatasi peradangan di tubuh.

8. Sayuran Hijau (Kale, Selada, dan Bok Choy)

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber serat, folat, dan karoten yang baik untuk tubuh. Apalagi, ada kandungan vitamin C dan vitamin K di dalamnya.

Mengkonsumsi sayuran hijau bagi penderita asam urat cenderung aman. Bahkan, bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Seperti diketahui bahwa penderita asam urat biasanya memiliki masalah metabolisme yang menyebabkan nyeri sendi karena tubuh kesulitan membuang limbah asam urat dalam tubuh. Untuk itu, memilih makanan yang tepat, seperti yang tinggi antioksidan, dapat membantu mencegah sekaligus memperbaiki gejala asam urat.

error: Content is protected !!