korannews.com – Ia menjelaskan jika handphone digunakan untuk menggali informasi dan berkomunikasi, sehingga harus dipahami bahwa menggunakan teknologi harus pandai dan bijak, seperti di antaranya membuat tugas dengan menggunakan aplikasi google.

“Tapi kemudahan ini memunculkan tanggung jawab. Seperti menerapkan kesopanan tata krama dalam dunia internet, jangan sampai kita terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, setiap manusia mesti punya aturan dan ukuran apa yang baik dan tidak baik. Pentingnya etiket supaya kita tidak terkena gangguan konten negatif yang sebenarnya hal ini bisa menghilangkan harga diri kita,” ujarnya.

Sementara itu, Redaktur Langgar.com, Abdul Rohim memaparkan bahwa dalam menggunakan gawai harus memastikan keamanan digital. Ia melanjutkan bahwa dalam menyimpan data digital jangan disebar di media sosial, termasuk mewaspadai virus yang dapat masuk ke gawai dan secara tiba-tiba mencuri data pribadi.

“Banyak jenis virus dalam media sosial, gawai kita akan dimasuki virus dan secara diam-diam mencuri data pribadi untuk kepentingan mereka. Teman-teman jangan membuka link-link yang belum jelas, tidak ada yang aman 100 persen di dunia digital. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi resikonya sedapat mungkin,” jelas Abdul Rohim.