korannews.com – Pernahkah Anda penasaran seberapa sering Anda harus pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil ?

Lalu seperti apa tanda-tanda buang air kecil yang dianggap sehat dan kapan Anda harus memeriksakannya dengan serius?

Ketika Anda benar-benar ingin buang air kecil , rasanya tidak bisa fokus melakukan hal-hal lain.

Namun, jika Anda tidak segera pergi ke kamar mandi saat itu juga, seberapa besar bahayanya?

Menurut Gregory Quayle, MD, seorang ahli urologi yang disertifikasi oleh American Board of Medical Specialties, Anda mungkin terkesan dengan seberapa baik kandung kemih bekerja untuk membantu Anda menahan buang air kecil .

“Sementara kapasitas kandung kemih bervariasi dari individu ke individu, tergantung pada antropometri dan genetikanya,” kaya Gregory Quayle dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Healthy.

Dr. Quayle menyebut, kapasitas kandung kemih maksimum pada pria sebanyak 700-800 mililiter sedangkan pada wanita 500-600 mililiter.

Kata dia, ketika 50 persen kapasitas yaitu 250-350 mililiter, saraf di kandung kemih akan diaktifkan untuk mengingatkan otak bahwa Anda perlu buang air kecil .

Jadi, bagaimana rata-rata kandung kemih bisa menahan dua kali lipat dari yang Anda rasakan saat Anda berdiri? Apakah Anda perlu khawatir jika sering bepergian dan menahan buang air kecil ?

Menurut dr.Quayle, normal untuk buang air kecil antara empat hingga 10 kali sehari, tergantung pada seberapa banyak cairan yang dikonsumsi.

“Rata-rata orang dewasa akan buang air kecil sekitar enam sampai delapan kali sehari,” kata dr. Quayle.

“Seorang atlet yang minum 20 gelas air putih bisa buang air kecil hingga 12 kali sehari. Artinya, frekuensi buang air kecil tergantung pada kebiasaan dan ukuran kandung kemih,” ujarnya melanjutkan.

Saat kandung kemih kosong, sebenarnya ukuran dan bentuknya mirip dengan buah pir. Ketika Anda mengonsumsi cairan, kandung kemih akan mengembang seperti balon.

Kemudian, ketika setidaknya satu liter cairan ada di kandung kemih, banyak orang akan merasakan keinginan untuk buang air kecil .

Menahannya akan menghentikan Anda dari buang air kecil di tempat, tetapi itu tidak akan menghentikan peringatan yang terjadi di otak Anda sampai melepaskan cairan tersebut.

“Jika Anda buang air kecil 4-10 kali sehari dan tidak memiliki gejala seperti rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil , bau atau warna urin yang aneh, maka Anda buang air kecil dengan normal dan kandung kemih Anda kemungkinan besar sehat,” ujar dr.Quayle.***