korannews.com – Kelapa merupakan salah satu buah yang banyak disukai banyak orang. Selain itu, buah ini juga mudah ditemui.

Buah kelapa mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta berbagai jenis mineral seperti zat besi, selenium , fosfor , kalium, zinc, dan magnesium.

Tak hanya untuk kesehatan, buah kelapa juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan.

Dikutip dari Alodokter yang ditinjau oleh dr. Airindya Bella, inilah 6 manfaat buah kelapa yang baik untuk kecantikan.

Baca Juga: Daftar 108 Kata Bahasa Anak Jaksel 2022 Lengkap dengan Artinya, Disusun Alfabetis

1. Melembabkan kulit kering

Salah satu manfaat buah kelapa yang telah diolah menjadi minyak, yaitu dapat melembapkan kulit kering dan menjaga kulit tetap lembut dan lembab.

Manfaat tersebut, dapat Anda peroleh karena kandungan lemak, seperti asam oleat, di dalam minyak kelapa yang terbukti baik untuk memelihara kelembapan kulit.

2. Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah

Minyak yang diperoleh dari buah kelapa , sering digunakan untuk bahan masker wajah alami.

Minyak tersebut mengandung vitamin E yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, mengatasi noda hitam, serta mengurangi tanda penuaan dini.

Meskipun begitu, minyak kelapa termasuk jenis minyak yang dapat menumpuk di pori-pori dan menyebabkan komedo serta jerawat.

Oleh sebab itu, minyak kelapa tidak cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, berkomedo, atau jenis kulit yang berminyak.

3. Mengencangkan kulit

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa , memiliki manfaat yang baik dalam memproduksi kolagen. Kolagen berperan penting dalam mengencangkan kulit dan mempertahankan elastisitas kulit, sehingga kulit tampak lebih muda.

4. Mengatasi infeksi dan iritasi kulit

Buah kelapa yang telah berbentuk minyak memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang cukup potensial dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai selulitis, folikulitis, hingga eksim.

Jika Anda mengalami infeksi kulit, seperti bisul atau jerawat yang meradang, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan minyak kelapa untuk mengobati hal tersebut.

5. Melembutkan kulit

Melembutkan kulit juga termasuk manfaat buah kelapa untuk kecantikan. Sebab, kandungan asam oleat yang sering dijadikan bahan aktif dalam pelembab bibir.

Bahan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

6. Mencegah dan mengatasi rambut rontok

Produk olahan yang berasal dari buah kelapa , seperti santan dan minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan dan kekuatan rambut serta menutrisi kulit kepala dan folikel rambut.

Minyak kelapa dan santan dapat digunakan sebagai masker rambut alami untuk melembutkan serta menghaluskan rambut, bahan tersebut dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok .

Itulah sederet manfaat buah kelapa untuk kecantikan. Silakan mencoba. (Urmila)***