Pabrik Gas di Kawasan Industri Batang Resmi Dibangun, Kelar 2024

Pabrik Gas di Kawasan Industri Batang Resmi Dibangun, Kelar 2024

korannews.com – Pembangunan pabrik gas PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan kegiatan groundbreaking di mana pabrik ini dijadwalkan commissioning pada kuartal IV 2024.

“Kami bersyukur hari ini telah diberi kesempatan untuk secara resmi mengumumkan peletakan batu pertama pabrik kami yang ke-56 di KITB, bersama dengan Pemerintah Jawa Tengah, Pejabat KITB, serta tamu dan mitra terhormat yang hadir bersama kami hari ini,” kata Presiden Direktur Samator Indo Gas, Rachmat Harsono dalam keterangannya, Minggu (19/3/2023).

Dia mengatakan, pabrik ini akan melayani kebutuhan gas industri di Jawa Tengah. “Pabrik baru ini akan turut mendukung dedikasi kami untuk melayani kebutuhan gas industri di Jawa Tengah dan ikut serta dalam perjalanan Indonesia pada era industrialisasi cerdas dan berkelanjutan,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, keberadaan pabrik ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami senang Samator akan membuka pabrik di KITB, yang dimana akan menjadi pabrik terbesar milik Samator. Kami pastikan kawasan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mempersembahkan yang terbaik demi bangsa,” kata Ganjar.

Sementara, Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan berharap, pembangunan pabrik dapat berjalan dengan tepat waktu. Dengan begitu, kata dia, pabrik ini akan menyerap banyak tenaga kerja.

“KITB mengucapkan selamat kepada PT Samator Indo Gas Tbk atas pelaksanaan groundbreaking hari ini, kami sangat bangga dengan kehadiran Samator yang pasti memberi nilai lebih bagi kawasan ini dalam menyediakan suplai gas industri bagi tenant kawasan lainnya. Menyusul KCC Glass, Rumah Keramik, Yih Quan dan Wavin, kami berharap pembangunan pabrik Samator bisa terlaksana tepat waktu dan bisa beroperasi serta menyerap tenaga kerja tahun depan,” terangnya.

Melalui pabrik baru ini, perusahaan tidak hanya berniat mengembangkan bisnis pipeline dengan melayani tenant-tenant di KITB, namun juga mengembangkan bisnis lainnya dengan pelanggan industri maupun medis yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sebelumnya, perusahaan telah mengumumkan pelanggan pertamanya di KITB, yakni KCC Glass Corporation pada akhir tahun 2022. KCC Glass sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang tengah membangun pabrik dan diproyeksikan akan menjadi salah satu pabrik kaca terbesar se-Asia Tenggara.

error: Content is protected !!