Mudahkan UMKM Cari Informasi, GoTo Integrasikan Puluhan Program dalam Satu Situs

Merdeka.com – GoTo Group, perusahaan digital berbasis teknologi hasil kolaborasi anak bangsa, resmi meluncurkan website mitrausahagoto.com pada Selasa (23/8) secara virtual. Website ini merupakan ekosistem bisnis yang dimiliki oleh Gojek, GoTo Financial, dan Tokopedia untuk mempercepat akselerasi digital dan UMKM.

Berdasarkan Laporan e-Conomy SEA 2021, nilai ekonomi digital meningkat 49 persen menjadi USD70 miliar. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya UMKM yang memanfaatkan teknologi digital. Pada Mei 2022 terdapat 19 juta UMKM yang berhasil didigitalisasi. Pemerintah pun menargetkan 20 juta UMKM terdigitalisasi hingga akhir tahun 2022.

Chief Corporate Affairs GoTo, Nila Marita mengatakan bahwa 59,3 juta pengguna, 2,6 juta pengemudi, dan 15,1 juta mitra usaha mereka berhak menjangkau informasi lengkap tentang GoTo dengan lebih efisien.

“Bagi kami, mitra UMKM memiliki peran yang sangat penting baik untuk bertumbuh bersama, maupun meningkatkan ekonomi nasional. Maka, kami hadirkan website Mitra Usaha GoTo yang bisa mengintegrasikan semua layanan bisnis dalam satu platform,” kata Nila saat acara konferensi pers virtual, Selasa (23/8).

Peluncuran website ini juga didasari dengan belum meratanya literasi digital di masyarakat. Menurut Head of Merchant Platform GoTo Financial, Novi Tandjung ketidakmerataan ini berimbas pada sulitnya beberapa kalangan untuk mengakses informasi tentang GoTo yang sebelumnya terpencar.

Website Mitra Usaha GoTo menghimpun 10 kelas pelatihan, 14 produk, 14 e-Book, dan 20 program pendukung lainnya yang bisa diakses para mitra untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis digital mereka. Di samping itu, GoTo menegaskan bahwa Fungsi website ini bukan substitusi, melainkan komplementer. Novi pun menyebut inovasi ini adalah solusi bisnis digital yang holistik.

“Solusi yang kita sediakan merupakan solusi holistik untuk memenuhi kebutuhan UMKM di setiap siklus pertumbuhan bisnis mereka,” kata Novi.

Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Talkah Badrus mengapresiasi peluncuran website ini, “Sebagai pusat informasi bagi pemberdayaan UMKM, saya menilai website ini dapat menjadi stimulus bagi UMKM masuk ke ekosistem digital untuk memberi keuntungan lebih bagi mereka dan berbagai stakeholder.”

Reporter: Dinda Khansa Berlian

[faz]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Exit mobile version