Fakta Lengkap Indosat PHK Karyawan Hingga Ada yang Dapat Pesangon Rp 4,3 M

Fakta Lengkap Indosat PHK Karyawan Hingga Ada yang Dapat Pesangon Rp 4,3 M

Fakta Lengkap Indosat PHK Karyawan Hingga Ada yang Dapat Pesangon Rp 4,3 M

korannews.com – Pada Jumat kemarin, Indosat Ooredoo Hutchison kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya. Indosat menyebut telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan para karyawan terdampak.

Bahkan, mereka juga mengklaim akan memberikan pesangon dengan jumlah yang sangat besar. Berikut beberapa fakta yang dirangkumterkait PHK Indosat.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang menjelaskan, perubahan organisasi ini dilakukan setelah perusahaan melakukan aksi merger. Indosat memang belum lama ini merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia.

“Organisasi disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan saat ini dan masa depan, hal ini yang mendasari penetapan fungsi dari karyawan sesuai organisasi yang baru,” kata Steve kepada, Jumat (23/9/2022).

Steve menambahkan karyawan Indosat yang terdampak PHK adalah mereka yang tak masuk dalam organisasi baru tersebut.

Paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan yang terdampak PHK rata-rata 37 kali upah, bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

“Karyawan yang tidak ada dalam organisasi yang baru mendapatkan paket kompensasi hingga 75 kali,” jelas Steve.

Bukan cuma itu, selain kompensasi yang sangat besar, Indosat juga memberikan fasilitas lain bagi karyawan yang terkena dampak PHK. Sebanyak 99% karyawan yang terdampak sudah menerima keputusan tersebut.

“Keseluruhan proses dilakukan dengan fair dan objektif, ditambah lagi ada program post-employment di luar dari kompensasi (dari Indosat). Hal ini turut mendorong karyawan menerima dengan baik,” tuturnya.

Atas dasar yang telah dijelaskan sebelumnya, Steve mengatakan ada pegawai yang memperoleh pesangon hingga miliaran rupiah.

“Paling tinggi menerima (kompensasi) Rp 4,3 miliar rupiah gross,” kata Steve.

Hampir seluruh karyawan Indosat setuju di-PHK. Cek halaman berikutnya.

Steve menjelaskan, per Jumat kemarin sudah hampir 100% karyawan yang terdampak setuju dengan keputusan PHK ini. Mereka yang terdampak akan mendapatkan pesangon dengan jumlah besar tersebut.

“Sebagai update pukul 16.30 WIB, sudah 99% yang menerima,” jelasnya kemarin.

Di kesempatan yang berbeda, Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni menyebut, pihaknya telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan.

“Inisiatif rightsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak. Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang, yang dilakukan secara objektif dan fair,” ujar Irsyad dalam keterangan tertulis.

Indosat sebelumnya juga telah melakukan PHK, yakni pada April 2020 terhadap 340 karyawannya. Indosat memilih membayar kompensasi kepada ratusan karyawan yang ter-PHK, jumlahnya hingga Rp 663 miliar.

“Dengan dimulainya langkah-langkah ini, reorganisasi struktur perusahaan sebagian besar telah selesai,” terang Irsyad.

error: Content is protected !!