Embrio Tikus Sintetis Buatan Laboratorium Hasilkan Detak Jantung

Merdeka.com – Para ilmuwan di Cambridge menciptakan embrio tikus sintetis di laboratorium tanpa menggunakan telur atau sperma. Hasilnya, embrio ini memiliki otak dan detak jantung.

Embrio tikus tersebut, yang dikembangkan menggunakan sel punca, hanya bertahan selama delapan hari.

Tim peneliti mengatakan itu bisa meningkatkan pemahaman tentang tahap awal perkembangan organ – dan mengapa beberapa kehamilan gagal.

Ilmuwan lain mengingatkan, meskipun teknik ini menjanjikan, masih banyak rintangan yang harus diatasi. Para peneliti dari Universitas Cambridge dan Institut Teknologi California (Caltech) adalah ilmuwan terbaru yang mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal Nature.

Peneliti dari Israel juga menerbitkan temuan serupa baru-baru ini.

Tim Cambridge mempelajari tahap-tahap awal kehamilan selama dekade terakhir, tetapi begitu banyak yang belum diketahui apa yang terjadi di dalam rahim.

Dengan meniru proses alami di laboratorium, mereka menemukan cara untuk mendapatkan tiga jenis sel induk dari tikus untuk berinteraksi dan tumbuh menjadi struktur seperti embrio.

Embrio tikus sintetis hanya bertahan selama delapan hari, karena cacat – tetapi mereka mencapai titik di mana otak mulai berkembang.

Profesor Magdalena Zernicka-Goetz, profesor pengembangan mamalia dan biologi sel induk di Cambridge dan profesor biologi di Caltech, mengatakan hasil tersebut adalah “mimpi yang menjadi kenyataan” dan dapat memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana organ terbentuk.

“Periode kehidupan manusia ini sangat misterius, jadi untuk dapat melihat bagaimana hal itu terbentuk – untuk memiliki akses ke sel induk individu ini, untuk memahami mengapa begitu banyak kehamilan gagal dan bagaimana kita mungkin dapat mencegah hal itu terjadi. – cukup istimewa,” jelasnya, dikutip dari BBC, Jumat (26/8).

“Ini adalah kemajuan tetapi pada tahap perkembangan yang sangat awal, peristiwa langka yang meskipun tampak seperti embrio, memiliki cacat yang tidak boleh diabaikan,” jelas Profesor Alfonso Martinez Arias dari Universitat Pompeu Fabra, Barcelona.

Para peneliti sekarang berencana untuk mengupayakan bagaimana menjaga embrio sintetis berkembang selama satu atau dua hari lebih lama, yang sulit dilakukan tanpa membuat plasenta sintetis.

Akhirnya, ambisi mereka adalah mengembangkan embrio serupa dari sel induk manusia – tetapi ini masih jauh, dan secara etis jauh lebih rumit.

Saat ini, undang-undang Inggris mengizinkan embrio manusia untuk dipelajari di laboratorium hanya sampai hari keempat belas perkembangannya, tetapi tidak ada aturan seputar embrio sintetis.

Reporter Magang: Gracia Irene [pan]

Baca juga:
Ameba Pemakan Otak Manusia Nyata Adanya, Dua Orang Meninggal di AS
Ilmuwan Pecahkan Misteri Mengapa Makhluk 500 Juta Tahun Tak Punya Anus
Ilmuwan China Temukan Cara untuk Memperbesar Sel Otak
Mengenal Virus Langya yang Baru Terdeteksi di China, Sudah Tulari 35 Orang
Ilmuwan Hidupkan Lagi Organ Babi yang Sudah Mati


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Exit mobile version