korannews.comJakarta, CNBC Indonesia – Sesi perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) awal pekan ini bakal segera dibuka. Ini merupakan perdagangan di pekan ketiga bulan ini.

Tentu, banyak kabar pasar yang bakal mempengaruhi pergerakan indeks hari ini, Senin (12/9/2022). Sebelum memulai transaksi, silahkan cermati kabar pasar untuk hari ini.

8 Emiten Ini Lakukan Stock Split, Ternyata Gak Semuanya Cuan

Aksi korporasi berupa pemecahan nilai nominal saham (stock split) tidak selalu berdampak positif pada kinerja harga suatu saham. Di sepanjang 2022, setidaknya ada 8 emiten yang melakukan aksi korporasi stock split, empat di antaranya justru mengalami kondisi yang sebaliknya.

Salah satu emiten yang harga sahamnya gagal lepas landas setelah melakukan stock split adalah PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Meskipun kinerja keuangan HRUM sangat cemerlang di sepanjang semester I-2022 dengan capaian laba bersih yang naik ribuan persen di tengah kenaikan harga batu bara acuan, harga saham HRUM terpantau malah melemah 26% setelah stock split.

BCA Sebut Pasokan Chip Jadi Tantangan Kredit Mobil Listrik

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengalami kendala di segmen kredit kendaraan, termasuk kendaraan listrik. Kendala ini justru muncul dari jaringan distribusi atau supply chain kendaraan tersebut.

“Kami juga menyalurkan kredit kendaraan listrik untuk mendukung green economy. Hanya saja, untuk saat ini masalahnya ada di supply chain chip. Ini yang cukup menghambat,” terang Petrus S Karim selaku Direktur BCA Finance, Jumat (9/9/2022).

Padahal, potensi pertumbuhan kredit di segmen tersebut cukup besar. BBCA bahkan berani menargetkan kredit kendaraan bermotor (KKB), termasuk listrik, berkontribusi sekitar 10% terhadap penyaluran kredit konsolidasi.

“KKB BCA tidak pilih-pilih, kami memdukung semua baik listrik maupun fossil, dengan bunga yang tidak dibedakan,” kata Petrus.