AP II dan BUMN lainnya bantu penanggulangan bencana gempa Cianjur

AP II dan BUMN lainnya bantu penanggulangan bencana gempa Cianjur

korannews.com – BUMN PT Angkasa Pura II (Persero) memberangkatkan Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur untuk membantu penanggulangan bencana gempa di Cianjur (Jawa Barat) yang terjadi pada 22 November 2022.

Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur terdiri dari 16 karyawan AP II yang antara lain bertugas di unit Airport Rescue and Fire Fighting Service (ARFF) dan Aviation Security, serta 1 orang dokter.

“Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur yang diberangkatkan AP II dari Bandara Soekarno-Hatta sejak kemarin telah berada di lokasi bencana, bergabung dengan Satgas Bencana BUMN Cianjur yang dibentuk atas arahan Menteri BUMN untuk bersama-sama membantu penanggulangan bencana,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya menyampaikan bahwa Satgas Bencana BUMN terus berkoordinasi secara intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah daerah.

Menteri BUMN juga telah meminta Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar masyarakat terdampak.

Awaluddin mengatakan, AP II sebagai koordinator Satgas Bencana BUMN wilayah Banten juga sudah berkoordinasi dengan setiap BUMN yang ada di Banten untuk penyaluran bantuan bagi warga di Cianjur.

“AP II bersama BUMN lainnya bersama-sama berupaya untuk merespons cepat musibah di Cianjur. Hal pertama yang harus dipastikan adalah bantuan bagi warga terdampak, baik kebutuhan pokok, kesehatan dan lainnya,” ujar Awaluddin.

Sementara itu, VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro memaparkan saat ini tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur dari AP II sudah mendirikan posko di lokasi gempa tepatnya di Lapangan Ciarma, Kampung Barukaso, Desa Suka Mulya, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

“Telah dibangun 11 Posko Satgas Bencana BUMN Cianjur, dan tim AP II berada di posko nomor 10 yang terletak di Lapangan Ciarma,” ujar Cin Asmoro.

Ia menuturkan posko yang dibangun AP II ini sekaligus membuka jalur untuk masuknya bantuan-bantuan yang datang dari berbagai pihak. AP II sendiri telah menyalurkan bantuan berupa sembako, tenda dan obat-obatan.

Cin Asmoro mengatakan AP II akan menyalurkan bantuan untuk tahap berikutnya, dengan melihat kebutuhan sesuai hasil pemetaan di lapangan. Di samping menyalurkan bantuan, tim AP II juga melakukan evakuasi korban musibah gempa Cianjur.

Exit mobile version