Bisnis  

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, PDIP dan Ganjar Dinilai Cari Panggung

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, PDIP dan Ganjar Dinilai Cari Panggung

korannews.com – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan masyarakat akan menilai PDIP dan Ganjar Pranowo sedang mencari panggung.

Hal itu terkait sikap PDIP dan Gubernur Jawa Tengah itu menolak kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 berujung Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) membatalkan Indonesia jadi tuan rumah.

Menurut Dedi, PDIP bisa saja mendapat tambahan simpati dari kelompok pemilih pro Palestina, juga Ganjar yang sedang gencar lakukan propaganda untuk orientasi Pilpres.

Hanya saja, dia menyebut bahwa yang tidak dipikirkan PDIP dan Ganjar adalah pemilih pro Palestina sudah cukup kuat di partai lain, yakni PKS.

“Sehingga upaya PDIP dan Ganjar justru akan dianggap sebatas mencari panggung di waktu yang tidak tepat,” kata Dedi kepada Tribunnews.com, Kamis (30/3/2023).

Dedi menegaskan penolakan PDIP dan Ganjar terhadap Timnas Israel bisa saja mendapat simpati, tetapi tidak menambah pemilih.

“Sebaliknya, pemilih PDIP yang selama ini lebih terbuka terhadap Israel , akan merasa tertekan karena sikap PDIP tidak seperti biasanya, bahkan untuk urusan sepak bola yang miliki jumlah penggemar cukup banyak, bisa berganti kecewa dengan sikap PDIP dan Ganjar ini,” ujarnya.

Artinya, kata dia, simpati yang didapat tidak menambah suara dan pemilih loyal yang sudah ada cenderung kecewa dan meninggalkan Ganjar juga PDIP .

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah

Anggota Komite Eksekutif, Arya Sinulingga, mengumumkan perkembangan terkini menyangkut masa depan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam keterangan persnya yang disampaikan di sejumlah stasiun televisi, Arya terlihat tampak lesu menyampaikan update hasil pertemuan Ketua Panitia Lokal (LOC), Erick Thohir, dengan Presiden FIFA pada Rabu (29/3).

“Peluang kita menjadi tuan rumah berat. Kondisi Indonesia berat, keputusan akhir di tangan FIFA . Kita dianggap tidak mampu oleh FIFA ,” kata Arya Sinulingga, Rabu (29/3) malam.

Arya menyebut FIFA menyoroti kondisi keamanan pelaksanaan Piala Dunia U-20 , seiring maraknya penolakan Israel di Indonesia beberapa pekan terakhir.

FIFA pun tetap tegas pada pendiriannya menyangkut Israel . Mereka memegang teguh prinsip keseteraan, Fair Play, anti diskriminasi.

Indonesia dianggap gagal menyakinkan mereka menyangkut hal itu. Mencuatnya surat penolakan kehadiran Israel oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, mendorong FIFA membatalkan drawing pada 31 Maret 2023 mendatang.

“Pertemuan Pak Erick dengan FIFA masih berlangsung, ketika berbincang-bincang sepertinya susah mengubah sikap FIFA . Mereka tetap pada pendiriannya,” katanya.

“Mereka punya prinsip kesetaraan, fairplay, tidak ada diskriminasi yang tak bisa diganggu gugat.”

Arya memiliki kekhawatiran tak hanya batal menjadi tuan rumah, Indonesia bakal terkucil dari dunia sepak bola internasional karena dianggap tidak bisa melaksanakan prinsip dasar yang jadi pegangan FIFA .

“Yang saya khawatirkan kita (PSSI) bakal dibanned. Kita dikucilkan dari dunia. Hal itu jelas amat merugikan sepak bola Indonesia ke depannya,” kata Arya.

Pernyataan Presiden RI, Joko Widodo yang menjamin keikutsertaan Israel di PIala Dunia U-20 dianggap tidak cukup menyakinkan FIFA sebagai tuan rumah.

“Posisi Indonesia cukup berat dan kita dianggap tidak mampu. Itu yang bisa saya sampaikan saat ini. Nanti Pak Erick akan bicara, tetapi dari info teman-teman di sana kondisi memang seperti itu, jadi kita harus siap2 kita ada di level dikucilkan dunia. Saya enggak mau bilang sepak bola saja ya, tetapi berefek ke yang lain. Hal ini menyakut reputasi kita,” ucap Arya.

Menyangkut ketertarikan Argentina dan Peru menjadi tuan rumah pengganti. Arya menyebut dirinya tak mau mencampuri urusan negara lain.

“Itu mereka, saya fokus hanya tentang nasib Indonesia. Dan berkaitan dengan pengajuan Peru atau Argentina masih masih jauh, itu kan pasti nantinya kan menunggu kesiapan mereka. Hal tersebut urusan FIFA , bukan urusan kita.”

Yang menyedihkan menurut pria yang menjabat sebagai staf ahli Menteri BUMN tersebut, adalah menyangkut proses renovasi infrastruktur.

“Persiapan terus berjalan, lapangan juga sudah diinspeksi, dan perkembangannya dinilai baik. Enam stadion kondisi bagus. Tapi kan itu teknisnya, ternyata ada hal lebih besar yang kita hadapi,” ucapnya.

Saat Ganjar Diserang Netizen soal Piala Dunia U20, Gubernur Bali Koster Pilih Matikan Komentar IG

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Saat Ganjar Diserang Netizen soal Piala Dunia U20, Gubernur Bali Koster Pilih Matikan Komentar IG

Blunder Ganjar Tolak Israel di Piala Dunia U20, Disebut Cari Dukungan Malah Panen Komentar Negatif

Media Amerika Soroti Penolakan Israel di Piala Dunia U20, Kian Panaskan Polemik dan Ingatkan Sanksi

Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Batal, Reza Arap Kecewa Lagunya Dihapus FIFA: Akan Saya Ingat

Tolak Kedatangan Timnas Israel, Ganjar Pranowo Dikecam hingga Tagar #tolakganjarjadipresiden Bergema

Pembuat Gaduh yang Buat Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Bisa Dipidana Class Action

[FULL] Mulfachri: Pak Mahfud Orang Nomor 2 setelah Presiden, Transaksi Rp 349 T Buat Dia Putus Asa

Sedang Duduk di Depan Rumah, Adik di Ciputat Tiba-tiba Lari Bawa Pisau Tikam Kakaknya hingga Tewas

[FULL] Taufik Basari Ingatkan Mahfud MD Hati-hati karena Bisa Dipidana, Anggota Lain: Biarin Aja

Motif Petugas Kebersihan Bunuh Dokter Spesialis Paru Satu-satunya di RSUD Nabire, Insentif Dipotong

Respon Kritik Arteria Dahlan, Mahfud MD Singgung Kepala BIN Sering Koordinasikan Info Intelijen

Hugo Samir seusai Dengar Kabar Pembatalan Piala Dunia U20: Sedih dan Kecewa jadi Satu

Exit mobile version