Bisnis  

Menteri Agama Resmi Buka Pospenas ke-IX 2022 di Stadion Manahan Solo

Menteri Agama Resmi Buka Pospenas ke-IX 2022 di Stadion Manahan Solo

korannews.com – Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX Tahun 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu (23/11/2022) malam.

Di depan 4 ribu atlet dan ofisial, serta 20 ribu santri di Stadion Manahan Surakarta, Yaqut berpesan agar para peserta berlaga dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Ingat, sportivitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren. Praktikan itu di sini, dengan berlomba penuh respek dan sportif,” kata Yaqut dalam sambutannya.

Yaqut menyampaikan bahwa santri adalah penuntut ilmu yang konsisten memegang prinsip agama Islam.

Mereka bisa menjadi atlet, seniman, dan banyak profesi lain dengan tetap memegang teguh karakter agamis.

Ajang Pospenas ini, kata Yaqut, menjadi salah satu bentuk kehadiran negara dalam meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi santri.

“Maka berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia,” tuturnya.

Sebagai informasi Pospenas IX Tahun 2022, digelar di beberapa venue di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022.

Acara ini mengambil tema ‘Gerak Santri, Bangkit Negeri’ dikaitkan dengan semangat Hari Santri.

Menurut data Kemenag, terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri.

Sementara Pospenas 2022 diikuti oleh 2.867 santri dari 34 provinsi yang memperebutkan 312 tropi dari 12 cabang olah raga dan seni yang dipertandingkan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan seluruh peserta yang terlibat dalam Pospenas dipastikan telah divaksin dan swab antigen.

“Karena masih pandemi, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlet sudah divaksin dan swab antigen,” kata Ali.

Dalam Pospenas 2022 ini turut digelar pameran produk nasional yang menampilkan pameran seni pesantren di Stadion Sriwedari, Solo.

Arena pameran disesaki booth-booth yang menampilkan produk unggulan pesantren dari seluruh Indonesia, serta produk-produk unggulan UMKM seluruh kabupaten se-Jawa Tengah.

“Kemandirian Pesantren menjadi salah satu program prioritas Bapak Yaqut Cholil Qoumas sejak diberi amanah Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama,” terang Ketua Pembina Dharma Wanita Kemenag Eny Retno Yaqut Qoumas.

Pembukaan Pospenas 2022 dihadiri oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Wahyu Widodo, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah Mustain Ahmad.(*)

Ceremony Pembukaan Simbolik Muktamar Muhammadiyah & Aisyiyah ke-48 oleh Presiden Jokowi

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here