Bisnis  

Libur Lebaran Bakal Panjang, Awas Tabungan Bocor!

Libur Lebaran Bakal Panjang, Awas Tabungan Bocor!

Libur Lebaran Bakal Panjang, Awas Tabungan Bocor!

korannews.com – SKB 3 Menteri seputar cuti bersama Lebaran 2023 telah resmi di revisi. Libur Lebaran 2023 bakal dimulai dari 19 April hingga 25 April 2023.

Apakah menurut Anda liburan ini sudah cukup lama? Atau malah sebaliknya? Yang jelas libur lebaran bakal berlangsung tujuh hari jika Anda tidak berniat untuk menggunakan hak cuti.

Bukan rahasia lagi tentunya, ketika ada sisa uang tunjangan hari raya (THR) maka keinginan belanja barang-barang yang Anda sukai, makan di restoran, atau kegiatan konsumtif lainnya juga tinggi.

Sisa dana yang mestinya bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat malah habis begitu saja karena kegiatan yang kurang produktif.

Bukan cuma habis, terkadang godaan konsumtif juga bisa membuat tabungan Anda terkuras. Dan hal ini bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Jika Anda tidak mau hal itu terjadi pada diri Anda, lakukan saja beberapa hal di bawah ini.

Apakah Anda sering berlangganan aplikasi yang Anda tidak pernah Anda gunakan karena Anda terlalu sibuk bekerja? Jika ya, maka manfaatkanlah libur panjang untuk mengevaluasi segala pengeluaran yang sifatnya tidak produktif seperti yang tadi disebutkan.

Mungkin Anda merasa bahwa besaran pengeluaran itu kecil, hanya sebesar nol koma sekian persen dari gaji bulanan Anda, namun ketahuilah bahwa sedikit demi sedikit akan menjadi bukit.

Banyaknya pengeluaran kecil itu bisa membuat nilai total pengeluaran Anda membengkak. Akibatnya, Anda bisa saja kesulitan menabung atau berinvestasi.

Idealnya, sebelum Anda membelanjakan uang untuk hal-hal yang Anda inginkan, ada baiknya untuk melunasi sebagian utang yang masih ada.

Sebut saja, Anda masih memiliki cicilan kartu kredit dalam beberapa bulan ke depan. Anda bisa melakukan pembayaran dengan seperempat atau setengah uang THR Anda sekarang juga, agar di bulan depan dan seterusnya, Anda tidak perlu lagi membayar cicilan.

Atau Anda juga bisa melunasi pokok utang kredit pemilikan rumah (KPR) yang masih berjalan agar cicilan perbulannya jadi lebih rendah.

Sejatinya, utang adalah pengeluaran pasif yang bisa membebani arus kas Anda setiap bulan. Tanpa utang, kemampuan Anda dalam menabung dan berinvestasi juga akan semakin baik.

Jangan hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang Anda inginkan, manfaatkan momen libur panjang ini untuk investasi di diri sendiri, sebut saja dengan membeli dan membaca buku-buku yang bisa bermanfaat untuk karier maupun pengembangan diri Anda.

Tak perlu ragu untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk investasi di diri sendiri. Selalu ingat bahwa waktu terus berjalan, bisnis maupun teknologi akan berkembang dengan sangat cepat.

Anda pun dituntut untuk bisa beradaptasi dan mengembangkan diri dalam waktu yang singkat.

Momen libur juga bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menata ulang strategi investasi jangka pendek maupun panjang yang Anda miliki.

Lakukan pengecekan terhadap portofolio investasi Anda, tinjau aset-aset yang ada di sana. Jika Anda memiliki saham, maka lakukan analisis ulang terhadap kinerja emiten-emiten di portofolio Anda.

Barangkali, ada beberapa saham yang layak Anda tambah kepemilikannya usai libur lebaran usai nanti, atau malah sebaliknya.

error: Content is protected !!