Bisnis  

Awas Salah Pilih! Asuransi Jiwa Tanpa Investasi Itu Ada 2

Awas Salah Pilih! Asuransi Jiwa Tanpa Investasi Itu Ada 2

Awas Salah Pilih! Asuransi Jiwa Tanpa Investasi Itu Ada 2

korannews.com – Asuransi jiwa tradisional atau yang tidak dilengkapi investasi, sejatinya memiliki dua jenis yaitu, term life dan whole life. Kedua jenis asuransi yang berbeda dengan manfaat dan karakteristik yang berbeda.

Tentu saja, asuransi jiwa term life dan whole life juga memiliki target pasar yang berbeda dalam tujuan berasuransi.

Tanpa berlama-lama lagi, inilah perbedaan asuransi jiwa term life dan whole life.

Asuransi jiwa term life adalah jenis asuransi jiwa yang hanya memberikan manfaat perlindungan selama jangka waktu yang telah ditentukan, sebut saja 1, 5, 10, 20, atau 30 tahun saja.

Jika pemegang polis mengalami cacat tetap total atau meninggal dunia selama masa perlindungan, maka penerima manfaat akan menerima santunan atau uang pertanggungan.

Akan tetapi jika pemegang polis masih hidup saat masa perlindungan berakhir, maka polis tersebut akan berakhir tanpa memberikan manfaat apapun. Kecuali, produk asuransi tersebut memiliki fitur pengembalian premi yang dijanjikan di awal.

Premi asuransi jiwa term life cenderung lebih murah ketimbang whole life asalkan asuransi tersebut tidak memiliki embel-embel seperti pengembalian premi.

Akan tetapi masa perlindungan asuransi jiwa ini tidak seumur hidup.

Sedangkan asuransi jiwa whole life memberikan manfaat perlindungan seumur hidup, dan karena masa perlindungannya lama yaitu ingga tertanggung sampai 99 tahun, premi asuransi jiwa whole life lebih mahal ketimbang term life.

Asuransi jiwa whole life juga tidak dilengkapi dengan fitur pengembalian premi lantaran asuransi ini akan menanggung nasabah seumur hidup.

Jika ditanya mana yang lebih baik, maka semuanya akan sangat bergantung dengan tujuan dan kemampuan Anda dalam berasuransi.

Ketika tujuan Anda hanya sebatas memberikan perlindungan finansial ke keluarga untuk mengantisipasi datangnya musibah saat Anda masih berusia produktif, maka asuransi jiwa term life merupakan jawabannya.

Asuransi jiwa term life juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan namun membutuhkan asuransi jiwa.

Sedangkan whole life lebih diperuntukkan bagi mereka yang ingin memberikan tambahan warisan ke orang yang dicintai.

Exit mobile version