Luhut Usulkan Pilot Project Kembangkan Motor Listrik di Tempat Wisata

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengusulkan untuk membuat beberapa pilot project sepeda motor listrik di destinasi wisata di tanah air, seperti di Bali, di Kawasan candi Borobudur, dan lainnya.

“Tadi saya dengan Menhub, Bahlil (Menteri Investasi), Darmo (Dirut utama PLN Darmawan Prasodjo) kita mungkin usulin bikin beberapa pilot project, langsung semua sepeda motor EV,” kata Luhut dalam peluncuran tampilan baru armada Kendaraan Listrik Grab, yang bernama GrabElectric, di Jakarta, Selasa (12/7).

Menurutnya, usulan rencana sepeda motor EV tersebut bisa dikonversikan dengan baterai buatan dalam negeri. Sehingga rencananya 2,5 tahun ke depan rencana tersebut bisa terealisasikan.

“Itu bisa juga kita convert dalam negeri, nanti kita pakai baterai buatan dalam negeri. Dalam 2,5 tahun ke depan kita bisa buat. Saya kira bagus, kita coba bikin pilot project di Bali, di Borobudur, beberapa destinasi wisata, nanti kita kaji,” jelas Luhut.

Menurutnya, Indonesia harus berani melakukan terobosan terkait pengembangan kendaraan berbasis elektrik. Bahkan saat ini Indonesia dikatakan hebat perekonomiannya dibanding negara lain saat pandemi covid-19.

“Kita harus berani melakukan terobosan. Jadi, biar Indonesia itu hebat, yang mau bikin kita hebat itu kita, sekarang negara kita perekonomian termasuk yang terbaik di dunia dalam kondisi seperti ini,” ujarnya.

Dia mengapresiasi Grab Indonesia yang hingga kini sudah mengoperasikan 8.500 armada kendaraan listrik. Menurut Luhut, Grab Indonesia memiliki peran yang luar biasa dalam mendukung pengurangan emisi karbon.

“Saya kira Grab memainkan peran luar biasa, bicara energi hijau dan pengurangan emisi karbon. Saya apresiasi Ridzki (Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata) yang bikin Grabcar, Grabbike dan Grabfood, yang dengan total armada mencapai 8.500 yang telah di produksi di 8 provinsi kendaraan listrik,” tandasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Pemerintah Targetkan 6 Juta Motor Listrik Mengaspal Hingga 2025, ini Tujuannya
BRI Finance Gandeng Smoot Luncurkan Pembiayaan Motor Listrik
Presiden Jokowi Bonceng Ibu Negara Jajal Motor Listrik ke Kampung Mola Wakatobi
Pemesanan Layanan GoRide Electric Melonjak Dua Kali Lipat
Tren Modifikasi Sepeda Motor BBM Hijrah ke Tenaga Listrik
Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia Perlu Kerja Sama Hulu Hingga Hilir


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!