Layanan Penerbangan Haji Resmi Ditutup, 41.468 Jemaah dan Petugas Telah Dipulangkan

Merdeka.com – Sebanyak 41.468 jemaah dan petugas haji tahun 1443 Hijriah telah dipulangkan ke tanah air. Jumlah itu mengakhiri layanan penerbangan haji dari 5 bandara yang melayani penerbangan haji tahun 2022 ini.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin menerangkan, ada lima bandara di bawah pengelolaan AP II yang melayani penerbangan jemaah haji. Dengan jumlah jemaah dan petugas yang dipulangkan sebanyak 41.468 yang tergabung dalam 106 kelompok terbang (kloter).

“Kementerian Agama secara resmi telah menutup operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022. AP II berterima kasih atas dukungan dari Kementerian Agama, maskapai, ground handling, TNI/Polri serta seluruh stakeholder lainnya, sehingga penerbangan haji 2022 dapat berjalan lancar dan sukses di 5 bandara AP II,” kata Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Sabtu (20/8).

Dia merinci, penerbangan haji tahun 2022 paling banyak diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan jemaah haji dan petugas, mencapai 29.051 jemaah dan petugas dari 73 kloter.

“Kemudian Bandara Kualanamu, Deli Serdang, yang melayani kepulangan 3.795 jemaah dan petugas dari 10 kloter dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, yang melayani kepulangan 3.720 jemaah dan petugas dari 9 kloter,” terangnya.

Selanjutnya, Bandara Minangkabau, Padang, yang melayani kepulangan 2.884 jemaah dan petugas dari 8 kloter serta Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh, yang melayani kepulangan 2.018 jemaah dan petugas dari 6 kloter.

Dia memastikan bahwa layanan penerbangan haji tahun 2022 ini bejalan lancar dan aman, berkat kerja sama dan koordinasi antar lembaga yang terjalin baik. Meski dua tahun sebelumnya, tidak ada layanan perjalanan haji

“Berkat kolaborasi dari seluruh stakeholder dalam menyiapkan rencana operasional, termasuk alur kedatangan mulai dari ketibaan pesawat hingga jemaah haji selesai memproses kedatangan di terminal. Maka penyelenggaraan penerbangan haji 2022 dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” pungkas Awaluddin.

Baca juga:
Angkasa Pura I Layani Kepulangan 46.579 Jemaah Haji Melalui 6 Bandara
Menag Yaqut Tutup Penyelenggaraan Haji 2022, Jemaah Wafat 90 Orang
Khutbah Wukuf Arafah: Haji Akbar dan Modernisasi Beragama dari Tanah Suci
Evaluasi Layanan Gelombang Kedua di Madinah: Lift Terbatas hingga Temuan Sayur Rusak
Sekjen Kemenag Lega Jemaah Sebut Layanan Haji 2022 Bagus


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!