korannews.com – Uang pensiun Duli Chand yang berusia 102 tahun dihentikan otoritas India karena tidak percaya dia masih hidup.

Duli Chand lalu mencoba berbagai cara untuk membuktikan masih hidup tetapi gagal, hingga akhirnya memutuskan menikah pekan lalu.

Chand mendatangi kantor pemerintah dengan kereta kuda mengenakan pakaian pernikahan lengkap dan diiringi oleh band.

Ia menyatakan, “Saya hidup!”, menurut laporan media lokal pada Kamis (8/9/2022).

“Uang pensiun hari tua saya dihentikan pada Maret karena catatan pemerintah menunjukkan saya sudah meninggal,” kata Chand dikutip dari kantor berita AFP.

“Saya sudah berusaha membuktikan saya masih hidup tapi sia-sia.”

Aktivis Naveen Jaihind, salah satu dari puluhan orang yang bergabung dalam prosesi tersebut, mengatakan bahwa dia mendengar tentang kasus itu dan memutuskan untuk membantu.

“Bersama-sama kami mendekati kantor yang berbeda dan mengadakan konferensi pers tetapi tidak berhasil,” ujar Jaihind kepada AFP.

“Saat itulah kami memikirkan prosesi pernikahan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan tindakan yang sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Aktivis tersebut melanjutkan, dia sudah menerima panggilan telepon dari sekitar 30-an orang di Haryana yang menghadapi situasi serupa setelah video pernikahan Chand viral.